Bangku belakang

Undangan Menulis untuk Bangku Belakang Edisi 3

Undangan Menulis untuk Bangku Belakang Edisi 3

OLEH: Redaksi

 

Banyak orang yang memilih menjadi "orang lain” ketika bermedia sosial. Mereka yang melakukan hal ini dikenal dengan istilah “akun alter”. Lewat akun alter, seseorang bukan saja sedang menyembunyikan identitas aslinya, tapi ia juga sedang menciptakan dan bermain-main dengan berbagai identitas-identitas baru.

Ada yang membuat akun alter untuk membebaskan diri demi bisa membicarakan hal-hal yang tidak bisa disampaikan lewat akun asli. Ada yang menciptakan sebuah karakter atau persona tertentu lewat akun alter. Ada juga yang merayakan fandom culture: berpura-pura menjadi seorang artis K-Pop ternama atau karakter fiksi sebuah serial.

Apakah kamu punya akun alter? Mari berbagi ceritamu mengenainya!

Kenapa kamu menggunakan akun alter? Kebutuhan apa yang kamu ingin penuhi dari akun alter? Apa fungsi darinya yang tidak dapat ditemukan dalam cara-cara lain? Apa pengalaman menarik, menyebalkan, atau mengangkan yang kamu alami ketika menggunakan akun alter? Lantas, apa refleksimu atas fenomena kultural ini?

Berbagilah untuk dibaca banyak orang. Menulislah bersama kami di Remotivi.or.id.

 

Tenggat pengiriman: 30 Oktober 2019

 

Tentang Bangku Belakang


Rubrik Bangku Belakang adalah cerita tentang manusia dan ritual yang dilakukannya di, dengan, dan terhadap media.

Lewat rubrik ini, tiap orang bukan saja diajak berbagi, tapi juga merefleksikan kehidupan sosialnya yang berelasi dengan media.

Dengan 4-5 tulisan per edisinya, Bangku Belakang diharapkan untuk merekam praktik bermedia dari sudut pandang audiens.

 

Panduan Penulisan:

  1. Tulisan sepanjang 400 – 600 kata, ditulis dengan sudut pandang orang pertama, berdasarkan pengalaman keseharian, bergaya ringan.
  2. Kami menarankan untuk memilih satu kejadian/pengalaman yang spesifik untuk ditulis.
  3. Jangan menganggap pembaca tidak tahu apa-apa, tapi jangan anggap mereka tahu semua yang kamu tulis. Menulislah dengan pertimbangan tersebut: efisien tapi efektif. 
  4. Kami senang membaca tulisan dengan beragam suasana. Tulisanmu tak harus murung atau gembira, atau kocak. Tulislah sesuai suasana perasaanmu atas kejadian itu. Tapi kalau boleh menyarankan, menulislah seperti ngobrol bisik-bisik yang asyik di bangku belakang saat jam pelajaran berlangsung.
  5. Tulisan dikirim dalam bentuk file MS Word ke redaksi@remotivi.or.id dan menulis [Bangku Belakang] sebagai subjek e-mail. Harap sertakan profil singkat sepanjang 1 kalimat dan akun media sosial penulis (kalau mau). Kami senang disapa, jadi jangan biarkan mengirim e-mail kosong dengan lampiran. 
  6. Bagi mereka yang identitas alternya ingin tetap anonim, silakan mengirimkan artikel melalui bit.ly/RemotiviAlter dengan melampirkan file dan tanpa perlu mencantumkan identitas
  7. Tulisan yang masuk akan diseleksi dan disunting oleh redaksi. 
  8. Rubrik ini tidak menyediakan honor. 
  • GLOSARIUM

  • INDEKS

  • Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kolega x MarkPlus Segitiga Emas Business Park, Jl. Prof. DR. Satrio, RT.4/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

kotaksurat@remotivi.or.id

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura