Glosarium

Bias Kognitif

Bias kognitif adalah kesalahan sistematis dalam berpikir yang memengaruhi keputusan dan penilaian yang dibuat seseorang akibat upaya otak manusia untuk menyederhanakan pemrosesan informasi. Bias kognitif umumnya terbentuk berdasarkan pengalaman hidup, norma, atau prasangka sosial, dan memiliki beberapa jenis turunan. Di antaranya adalah "bias konfirmasi", yakni kecenderungan untuk memilah informasi yang sesuai dengan kepercayaan seseorang. "Bias optimisme" merupakan kecenderungan seseorang untuk percaya bahwa ia lebih jarang mengalami kemalangan ketimbang orang lain, atau lebih banyak mengalami keberuntungan ketimbang orang lain.
  • GLOSARIUM

  • INDEKS

  • Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kolega x MarkPlus Segitiga Emas Business Park, Jl. Prof. DR. Satrio, RT.4/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

kotaksurat@remotivi.or.id

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura