Glosarium

Daring

Dalam jaringan, atau online. Merujuk pada sesuatu yang berada di dalam jaringan internet.

Defamasi

Pencemaran nama baik

Digitalisasi

Digitalisasi adalah penerapan teknologi digital dalam proses sosial, baik yang sudah ada maupun yang baru muncul setelah adanya teknologi tersebut. Misalnya, teknologi e-cash yang mengubah cara kita secara sosial dalam menyimpan uang dan bertransaksi. Bedakan dengan digitisasi yang merujuk pada proses data material (misalnya, buku cetak) yang dialihwahanakan (misalnya, di-scan) menjadi bentuk digital (misalnya, PDF).

Disinformasi

Disinformasi adalah informasi keliru yang secara sengaja disebarkan untuk untuk memperdaya orang. Bedakan dari "misinformasi" yang merupakan penyebaran informasi keliru karena kesalahan-kesalahan tak disengaja (misalnya, salah dengar, sumber pertama yang tidak berintegritas, atau kesalahan ingatan).

Diskriminasi

Diskriminasi adalah perlakuan tidak adil yang diberikan kepada seseorang karena identitas tertentu yang dilekatkan pada orang tersebut, seperti ras, orientasi seks, gender, atau kelas ekonomi. Diskriminasi diderita oleh kelompok sosial marjinal, yang terpinggir dari akses terhadap modal sosial maupun kekuatan politik, dan tidak selalu merujuk pada jumlah populasi kelompok tersebut.
  • GLOSARIUM

  • INDEKS

  • Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kolega x MarkPlus Segitiga Emas Business Park, Jl. Prof. DR. Satrio, RT.4/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

kotaksurat@remotivi.or.id

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura