Glosarium

Semiotika

Kajian tentang pemaknaan dan penggunaan tanda dan simbol.

Spectacle

Benda atau kejadian yang menarik perhatian dan pandangan. Kajian kritis mendefinisikan spectacle society sebagai kondisi masyarakat yang didominasi media elektronik, konsumsi, dan tontonan, yang membuat masyarakat direduksi sebagai penonton melalui netralisasi politik.

Spin

Dalam hubungan masyarakat dan politik, adalah upaya propaganda melalui interpretasi bias mengenai suatu kejadian untuk mendorong opini publik ke arah yang menguntungkan suatu figur atau organisasi.

Stereotip

Kepercayaan dan pandangan tergeneralisasi mengenai suatu kelompok atau kategori orang; umumnya kepercayaan bahwa semua anggota dari suatu kelompok memiliki satu sikap irelevan tertentu. Stereotip cenderung mendorong prasangka.
  • GLOSARIUM

  • INDEKS

  • Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kolega x MarkPlus Segitiga Emas Business Park, Jl. Prof. DR. Satrio, RT.4/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

kotaksurat@remotivi.or.id

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura