Sering Ditanya

Website dan kanal Youtube yang kami kelola adalah media yang berisi kajian atas media dan komunikasi. Tujuan utama publikasi kami adalah menumbuhkan literasi media di tengah publik. Jurnalisme bukan bentuk kerja utama kami. Terbitan kami terfokus pada analisis atas konten media—termasuk jurnalisme. Dengan demikian, kami tidak menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik seperti cover both sides. Kerja-kerja kami dipandu oleh kaidah-kaidah keilmuan, data, serta perspektif kritis.

Kami tidak percaya bahwa media bisa atau—yang lebih penting—harus netral. Yang harus dikejar oleh media (khususnya media jurnalistik) adalah independensi, bukan netralitas. Media sering dituntut untuk netral, untuk tidak memihak. Namun tuntutan ini mustahil dipenuhi. Walau bagaimanapun, pekerja media pastinya adalah manusia yang punya nilai-nilai subjektif yang seringkali mempengaruhi karyanya.

Begitu pula Remotivi, meskipun kami bukan media jurnalistik. Semua kontributor Remotivi tentu memiliki pendapat dan “keberpihakan” masing-masing. Namun, segala keputusan-keputusan di dalam ruang redaksi dibuat tanpa intervensi dari elemen-elemen luar redaksi, seperti pemodal dan pemilik media, kepentingan bisnis, politisi, atau aparat negara.

Satu nilai keberpihakan yang selalu menjadi pegangan kami, adalah keberpihakan terhadap publik. Media idealnya ada untuk membantu publik mengenali, menilai masalah, dan membuat keputusan. Keberpihakan ini pun, tentu saja, harus berdasarkan pada data dan analisis yang bisa dipertanggungjawabkan.

Remotivi adalah lembaga non-profit. Pendanaan kegiatan-kegiatan kami berasal dari 3 sumber. Pertama, lembaga donor. Sejauh ini kami pernah mendapat sokongan dari Yayasan Tifa, Cipta Media Seluler, Hivos, dan Voice Indonesia. Sumber kedua adalah donasi publik. Kami sempat menggalang dana publik lewat Kitabisa.com/remotivi. Sumber ketiga adalah lini bisnis, yang terdiri dari Toko Remotivi dan produksi konten. Kami selalu berupaya memisahkan kegiatan bisnis agar tidak mencampuri kerja-kerja utama kami.

Laporan keuangan kami bisa diakses di sini.

Non-profit bukan berarti bahwa kelangsungan Remotivi tidak membutuhkan biaya, atau bahwa setiap pegiat Remotivi bekerja gratis. Non-profit berarti bahwa mengejar surplus keuntungan untuk dibagikan pada anggota, pemilik, atau pemegang saham, bukanlah tujuan utama dari organisasi. Segala surplus keuntungan justru didedikasikan untuk lebih jauh lagi mendorong aktivitas dan misi-misi kami. Laporan kondisi keuangan serta alokasi dana Remotivi selalu disediakan untuk publik secara terbuka dan transparan dalam laporan tahunan.

Belajar dari krisis yang pernah kami alami, Remotivi sendiri tengah mencoba mengatasi salah satu masalah yang kerap menghantui keberlanjutan hidup LSM: ketergantungan pada donor. Karena itu, Remotivi mencoba mulai mengandalkan sumber-sumber lain yang bisa dipertanggungjawabkan tanpa mengkhianati nilai-nilai yang kami pegang, seperti donasi publik, iklan hingga taraf tertentu, dan jualan kecil-kecilan.

Untuk sementara ini, dengan alasan mempermudah independensi dan menjaga kualitas konten, situs web remotivi.or.id tidak menerima iklan dalam bentuk apapun, termasuk konten berbayar. Sementara, kanal YouTube Remotivi beriklan dengan mengikuti Google AdSense.

Namun, kami terbuka pada peluang kolaborasi dan kerjasama, selama misi dari program terkait sesuai dengan nilai dan tujuan Remotivi.

Kami sangat menyukai kolaborasi dan berjejaring dengan orang baru. Jika kamu punya ide-ide kerjasama, silahkan hubungi kami di kotaksurat@remotivi.or.id.

Semua publikasi kami memakai lisensi Creative Commons dengan ketentuan BY dan NC. Aturan ini berarti bahwa kamu boleh menggunakan konten kami dengan ketentuan:

  • BY: atribusi. Artinya, kamu harus menyatakan bahwa kamu memuat atau mengolah ulang konten dari kami, dengan mencantumkan sumber yang jelas, 

  • NC: non-komersial. Artinya, kamu harus memastikan bahwa pemuatan ulang yang kamu lakukan bukan untuk kegiatan komersial.

  • Apabila memungkinkan, beri tautan pada konten asli

Bentuk kredit yang dimaksud bisa berbentuk seperti ini: (Artikel ini memakai lisensi Creative Commons Atribution-Noncommercial. Pertama kali dimuat di laman remotivi.or.id)

Ada empat hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, dengan menulis untuk kami. Kedua, dengan memberikan donasi. Ketiga, kamu bisa membeli merchandise di Toko kami. Keuntungan penjualan akan kami gunakan untuk biaya operasional. Keempat, menjadi relawan dalam membantu aktivitas kami.

Kamu bisa mengirim tulisan kamu ke redaksi@remotivi.or.id. Kriteria tulisan yang kami muat bisa dilihat di sini.

Silakan sampaikan permintaan kamu ke kotaksurat@remotivi.or.id. Jangan lupa untuk mencantumkan keperluan kamu, institusi asal kamu, serta apa yang kamu harapkan dari kami.

Kesempatan untuk menjadi relawan/magang tidak selalu dibuka. Kalau kamu tertarik, silakan ikuti akun media sosial kami untuk mendapat informasi terbaru. 

Kami sangat terbuka dengan kunjungan kamu, baik untuk ngobrol serius atau sekadar kongkow-kongkow. Namun, kami memiliki kesibukan harian, sehingga tidak bisa disambangi setiap saat. Jika mau bertandang, silakan hubungi kotaksurat@remotivi.or.id terlebih dahulu untuk mengatur jadwal.

×