Penampakan Foto Hantu, Situs Primbon Solusinya
Bangku belakang

Penampakan Foto Hantu, Situs Primbon Solusinya

Jauh sebelum konten horor TikTok bertebaran, saya harus berterima kasih pada Primbon.com karena memperkaya wawasan per-setan-an saya sejak masa kecil.

OLEH: Edeliya Relanika

Mahasiswa akhir Ilmu Komunikasi yang sibuk nyari tempat magang

Lima belas tahun lalu, ketika anak-anak seusia saya sibuk menikmati tontonan kartun Minggu pagi, saya justru asyik menyigi foto-foto setan dari balik bilik warung internet (warnet). Saya ingat betul foto kuntilanak merah nyengir di atas pohon yang ditampilkan di situs Primbon.com. Jika kalian adalah generasi pengguna internet di awal 2000-an, situs ini tentu sudah tak asing lagi. Sebagai anak kecil yang gampang tertipu editan foto-foto hantu, koleksi Primbon.com telah berhasil membuat saya kecanduan horor hingga sekarang.

Pertama kali mengunjungi situs Primbon.com, dengan naifnya saya percaya foto-foto hantu tersebut asli dipotret tanpa rekayasa. Apalagi ditambah cerita wewe gombel yang hobi menculik anak kecil saat Magrib tiba. Melihat foto dan membaca cerita itu, saya dengan bangga menyebarkannya pada teman-teman SD. Mereka pun ikut-ikutan membuka situs Primbon.com demi memuaskan kehausan akan cerita horor.

Canggihnya, tak hanya koleksi foto hantu lokal, situs ini juga menyediakan koleksi foto hantu internasional meskipun agak kurang seram dibanding hantu dalam negeri. Contohnya, foto hantu kuburan tua Belanda di Indonesia.

Hingga menginjak usia dua puluh tahun, saya tak pernah meninggalkan situs Primbon.com. Pasalnya, rubrik-rubrik di dalamnya makin beragam. Ada ramalan karakter diri yang tentu saja berguna buat saya yang mengalami krisis identitas. Ada fitur ramalan jodoh yang bikin saya ketagihan. Ada jasa perhitungan weton hari baik dan buruk, tafsir mimpi, kulikan arti nama seseorang hingga Feng Shui.

Kendati Primbon.com di masa kini tak lagi dijadikan referensi hiburan horor, bagi saya situs tersebut sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari memori masa kecil saya yang polos—jauh sebelum fenomena kreator konten horor TikTok ambis ingin masuk FYP (viral -Red). Baik Primbon.com maupun konten horor di medsos arus utama juga tak memiliki perbedaan signifikan dari segi konten. Keduanya masih sama-sama menghadirkan seramnya penampakan hantu.

Eh, sebenarnya Primbon.com itu situs dengan spesialisasi penyedia jasa ramalan, tapi kenapa melekat kuat di saya sebagai pengepul foto-foto hantu ya?



  • GLOSARIUM

  • INDEKS

  • Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Tower Borneo Kalibata City
RT.9/RW.4, Rawajati
Pancoran
South Jakarta City, Jakarta 12750

kotaksurat@remotivi.or.id

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura

Pusat Kajian Media & Komunikasi

Kecuali dinyatakan berbeda, semua konten dalam situsweb ini menggunakan lisensi Creative Commons, CC-BY-NC. Keterangan lebih lanjut, lihat di sini.

Desain oleh: Ismi Ulfah
Pengembangan oleh: Ginanjar Seladipura